MENU

Selasa, 28 Agustus 2012

Telur Tetap Menjadi Makanan Terbaik Untuk Sarapan




Di balik kandungan kolesterolnya yang tinggi (rata-rata 200 mg/butir), telur merupakan menu sarapan yang bagus. Jika dilihat dari nutrisinya, telur punya banyak manfaat yang belum tentu dimiliki lauk lainnya.

Selama tidak dikonsumsi berlebihan atau rata-rata 1-2 butir per hari, telur tetap menjadi pilihan sehat untuk lauk sarapan.

Berikut ini 5 manfaat telur seperti dikutip dari The Sun, Selasa (22/2/2011).

1. Menjaga perut tidak cepat lapar
Bagi yang ingin menurunkan berat badan, telur bisa menjaga perut terasa penuh lebih lama sehingga tidak cepat merasa lapar. Penelitian di Rochester Centre of Obesity di Amerika mengungkap 2 butir telur rebus dalam menu sarapan bisa memangkas kebutuhan sekitar 400 kalori sepanjang hari.

2. Meningkatkan kekuatan otak
Sebutir telur berukuran sedang mengandung sekitar 250 mg choline, senyawa penting yang dibutuhkan dalam perkembangan otak janin dalam kandungan. Ibu hamil yang mengonsumsi 550 mg choline setiap hari akan melahirkan bayi dengan daya ingat lebih kuat.

3. Mencegah kebutaan pada lansia
Bagian yang disebut-sebut mengandung banyak kolesterol yakni kuning telur punya kandungan lain yang sangat penting yakni senyawa lutein. Jika dikonsumsi secara rutin, lutein bisa meningkatkan kesehatan mata dan mencegah berbagai jenis kebutaan yang dipicu oleh proses penuaan.

4. Menjaga kesehatan jantung
Asalkan tidak dikonsumsi berlebihan, kandungan kolesterol dalam kuning telur tidak akan membahayakan jantung dan pembuluh darah. Sebaliknya, kandungan lemak baik yakni omega 3 yang tinggi dalam telur justru bisa memperbaiki sirkulasi darah serta meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan.

5. Memberikan nutrisi untuk awet muda
Agar kulit tidak cepat keriput, wanita membutuhkan asupan protein 45 g/hari sementara pria butuh 55 g/hari. Karena telur ayam berukuran sedang mengandung sekitar 8 g protein, maka 2 butir telur sudah memenuhi lebih dari sepertiga dari kebutuhan protein pada wanita atau hampir sepertiga kebutuhan protein pada pria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...