MENU

Senin, 27 Agustus 2012

Membunyikan Buku Jari Menyebabkan Artritis?




Lama mengetik dan menulis kadang membuat jari-jari Anda lelah. Beberapa orang merasa lega saat membunyikan buku jarinya sampai berbunyi seperti suara kacang panjang dipatahkan. Membunyikan buku jari memang melegakan, namun benarkah hal ini menyebabkan artritis?

Artritis adalah peradangan pada satu atau lebih persendian yang disertai rasa sakit, begkak, kaku dan menyebabkan keterbatasan gerak. Artristis banyak jenisnya, bentuk paling umum adalah Osteoartritis yang disebabkan trauma dan infeksi persendian dan usia. 

Menurut Mehmet c. Oz, M.D dan Michael F. Roizen, M.D dalam bukunya An Insider's Guide to the Body That Will Make You Healthier and Younger, suara yang keluar saat buku jari dilekukan, disebabkan tekanan tinggi akibat sedotan gas yang dikeluarkan persendian ketika bergesekan. 

Membunyikan buku jari tidak akan mencelakakan persendian, tulang, dan otot Anda. Kecuali, ketika Anda melakukannya terasa sakit maka ada sesuatu yang salah pada jari-jari Anda. Jika terasa sakit, maka Anda perlu menemui dokter untuk memeriksakan kerusakan persendian yang mungkin Anda alami. 

Meskipun tidak berdampak pada paradangan, ada baiknya Anda mencari cara lain untuk mengurangi kelelahan pada buku jari. Beberapa penelitian memaparkan, kebiasaan membunyikan buku jari ini bisa menyebabkan lemahnya genggaman tangan serta mengurangi ketangkasan jari jemari Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...