MENU

Jumat, 10 Agustus 2012

Jangan Takut Demam Sesudah Divaksin



Banyak orang beranggapan bahwa vaksin yang tak menyebabkan demam berkualitas lebih baik dari vaksin yang membuat demam. Soalnya, harga vaksin yang tak membuat demam pun lebih mahal. Ternyata pemahaman ini salah.

Sekretaris Perusahaan PT BioFarma, satu-satunya produsen vaksin di Indonesia, Rahman Rustan, mengatakan vaksin yang tak menyebabkan demam lebih mahal karena merupakan produk impor. Distribusi vaksin dari luar negeri menyebabkan harga jualnya berkali-kali lipat dari vaksin produksi dalam negeri.

"Vaksin yang menyebabkan panas akan menghasilkan antibodi yang lebih kuat," kata Rahman saat mengunjungi Koran Tempo, Kamis, 9 Agustus 2012. Soalnya, vaksin yang menyebabkan demam dibuat dari virus atau bakteri utuh sehingga antibodi yang dibentuk lebih baik. Sementara vaksin yang tak menyebabkan demam hanya dibuat dari bagian-bagian tertentu dari virus atau bakteri.

Kualitas vaksin produksi dalam negeri, meski menyebabkan panas, juga sudah diakui oleh organisasi kesehatan dunia (WHO). Vaksin yang diproduksi BioFarma sudah diekspor ke 117 negara. Indonesia juga satu-satunya negara berpenduduk muslim yang produk vaksinnya memenuhi syarat WHO. Selain itu, 50 persen kebutuhan vaksin polio dunia saat ini dipasok oleh Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...