MENU

Sabtu, 25 Agustus 2012

Sakit Kepala? Banyak-banyak Minum Air Putih




Lain kali jika Anda sakit kepala, cobalah untuk tidak menenggak obat. Ternyata hanya dengan minum air putih, sakit kepala yang Anda rasakan bisa reda.

Sebuah studi dari University of Maastricht, Belanda mengungkapkan mengkonsumsi air putih secara teratur dapat menurunkan tingkat keparahan sakit kepala dan migren. Dengan kata lain, air putih mampu mengurangi kebutuhan akan tablet obat sakit kepala.

Peneliti mengatakan dengan minum sekitar tujuh gelas air putih setiap hari, cukup untuk meringankan rasa sakit dan meningkatkan kualitas hidup pasien yang secara berkala menderita sakit kepala.

Dalam studinya, penelitian yang dikepalai Mark Spigt ini melibatkan lebih dari 100 pasien yang secara berkala menderita sakit kepala mulai dari parah hingga ringan. Tim peneliti kemudian menginstruksikan mereka cara untuk meringankan ketidaknyamanan tersebut, termasuk mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan menghindari kafein.

Diantara mereka, setengah pasien juga diminta untuk minum 1,5 liter air putih setiap hari selama tiga bulan, di atas asupan cairan normal mereka. Di akhir studi, pasien mengisi kuesioner yang disebut indeks Migraine-Specific Quality of Life untuk menceritakan apa yang mereka rasakan. Hasilnya, sebagaimana dipublikasikan pada jurnal Family Practice, menunjukan mereka yang minum air putih ekstra mendapatkan nilai yang lebih tinggi pada kuesioner.

“Kami mencurigai bahwa beberapa sakit kepala pasien mungkin mendapat keuntungan dari minum lebih banyak air,” kata peneliti. Karena itu peneliti mengatakan masuk akal untuk merekomendasikan mereka meminum lebih banyak untuk periode waktu yang pendek untuk melihat apakah pengalaman itu adalah sebuah perbaikan.

Mengomentari hasil penelitian ini, Dr Fayyaz Ahmed, dari Migraine Trust, mengatakan keuntungan minum air putih bisa jadi karena efek plasebo. Tapi dia menambahkan, “Bagaimanapun asupan air yang reguler dan hidrasi secara cukup adalah menyehatkan, dan banyak orang merasa lebih baik.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...