MENU

Kamis, 09 Agustus 2012

Manfaat Senyum bagi Kesehatan



TEMPO.CO, Jakarta - Menahan rasa sakit tanpa mengeluh bisa membantu kita mengatasi masalah. Namun para ilmuwan menemukan bahwa tersenyum juga bisa membantu menurunkan kadar stres dan meningkatkan kesehatan jantung kita.

Sebuah riset di University of Kansas meneliti potensi keuntungan dari tersenyum dengan melihat berbagai jenis senyum dan kepedulian terhadap senyuman. Hal itu bisa mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengatasi stres yang dihadapinya.

“Peribahasa lama mengatakan, ''tahanlah rasa sakit tanpa mengeluh'', telah menunjukkan bahwa tersenyum tidak hanya penting untuk indikator kebahagiaan nonverbal, tetapi juga menjanjikan obat bagi semua jenis masalah yang membuat stres,” kata ketua penulis, Tara Kraft, seperti dikutip Daily Mail.

“Kami meneliti apakah peribahasa ini mempunyai efek ilmiah, yakni apakah tersenyum benar-benar memiliki hubungan dengan kesehatan.” Hasil penelitian menunjukkan bahwa tersenyum memang berpengaruh pada pernyataan fisik kita.

Secara umum, senyum dibagi menjadi dua kategori, senyum standar, yang menggunakan otot-otot di sekitar mulut, dan senyum asli atau senyum Duchenne, yang melibatkan otot-otot di sekitar mulut dan mata.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa emosi positif bisa membantu selama masa stres dan bahwa tersenyum bisa mempengaruhinya. Namun hasil penelitian dari Kraft dan Pressman ini adalah yang pertama kalinya meneliti jenis senyum seseorang guna mengetahui dampak senyum pada kadar stres.

Untuk penelitian tersebut, para ilmuwan merekrut 169 partisipan dari Midwestern University. Riset ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu latihan dan pengujian. Dalam latihan, partisipan dibagi menjadi tiga kelompok dan dilatih melakukan berbagai jenis ekspresi wajah. Pada tahap pengujian, partisipan diminta untuk melakukan berbagai aktivitas sekaligus, yang tidak mereka ketahui akan membuat stres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...