MENU

Kamis, 27 September 2012

Seinseveira si Tanaman Antipolutan




Seinseveira dikenal dengan sebutan tanaman lidah mertua karena bentuknya yang tajam. Seinseveira tak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas. Sementara seratnya digunakan sebagai bahan pakaian.

Di Jepang, Seinseveira digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan. Banyak digunakan sebagai tanaman hias, tanaman yang di Indonesia dikenal dengan nama lidah mertua ini merupakan tanaman cemara abadi yang toleran terhadap kurangnya air dan hujan.

Ilmuwan menemukan bukti bahwa tanaman ini memiliki kemampuan luar biasa untuk menyerap formaldehida, nitrogen oksida dan berbagai bahan kimia lain yang hadir di udara dan disebut-sebut sebagai tanaman antipolutan juga penangkal radiasi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Seinseveira mampu menyerap 107 jenis racun 
§  bahkan bisa dijadikan bahan obat diantaranya;
a. Getah: Dapat digunakan sebagai obat antiseptik
b. Akar : Dapat dimanfaatkan sebagai penyegar rambut/tonik dan obat wasir
c. Daun : Bila dibakar dapat menyembuhkan sakit kepala,
Bila di rebus sebagai obat diabetes
§  Bisa mereduksi radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh komputer dan televisi maka, baik jika tanaman ini ditaruh disamping komputer atau televisi.

Ciri spesifik yang jarang ditemukan pada tanaman lain adalah mampu hidup pada rentang suhu dan cahaya yang luas, sangat resisten terhadap polutan, bahkan mampu menyerapnya. Ada beragam bentuk Seinseveira baik dalam bentuk maupun warnanya. yang bisa diperoleh dari persilangan maupun mutasi. Bila dilakukan stek daun mestinya anakan akan sama dengan induknya, namun pada Seinseveira sering terjadi mutasi sehingga anakannya berbeda dengan induknya. Kenyataan inilah yang membuat keberagaman Seinseveira semakin banyak.

Lalu, sudahkah Seinseveira si Tanaman Antipolutan ini ada di rumah? Bila belum, tidak ada salahnya menambah koleksi tanaman hijau di rumah kita bukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...