MENU

Senin, 10 September 2012

Diet Atkins, Musuh Jantung



Mengonsumsi diet tinggi protein dan sedikit karbohidrat bisa meningkatkan risiko wanita terkena serangan jantung.

Ya, protein memang terkenal sebagai sahabat wanita yang ingin memangkas beberapa kilo kelebihan bobot tubuh. Sebaliknya, karbohidrat seringkali dianggap musuh bebuyutan. Sebab, karbohidrat sederhana yang banyak terdapat dalam makanan yang kita asup dengan mudahnya diubah menjadi energi. Kelebihannya, tentunya akan disimpan sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak. Oops..

Tak heran, banyak dari kita yang lalu memusuhi karbohidrat. Bahkan para pengikut diet Atkins hanya mengonsumsi sedikit karbohidrat. Makanan kaya protein berganti sebagai menu utama.

Cara ini memang akhirnya bisa mengurangi berat badan. Hanya saja, penelitian yang dilakukan peneliti asal Yunani dan Swedia menemukan efek samping jangka panjangnya. Pola makan seperti ini meningkatkan risiko wanita terkena serangan jantung dan stroke 28% lebih besar dibandingkan yang mengonsumsi makanan secara seimbang.

Jika melihat hasil ini, ada baiknya kita jangan memusuhi karbohidrat. Sebab, seperti karbohidrat kompleks ternyata merupakan salah satu teman yang bisa mengurangi kelebihan kalori dalam tubuh. Dibanding menjahi dan meniadakan salah satu sumber gizi, lebih baik kita selektif dalam memilih makanan agar tubuh lebih bugar.

http://preventionindonesia.com/article.php?name=/diet-atkins-musuh-jantung&channel=weight_loss%2Fdiets

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...