MENU

Rabu, 19 Desember 2012

Pujian Bisa Bikin Anak Narsis



Darla Simanjuntak hanya bisa pasrah ketika diminta putri sulungnya, yang berusia 15 tahun, untuk mencucikan sepatu baletnya. Ia bahkan masih menyuapinya kala sang putri enggan makan dan siaga menjadi sopir pribadi untuk si cantik.

“Saya tahu sebenarnya umur segitu dia sudah harus bisa belajar mandiri dan bersosialisasi yang baik, tapi dia biasa diperlakukan sebagaiprincess di keluarga besar kami, apalagi dia cucu pertama,” kata ibu 45 tahun ini.

Bekas konsultan perminyakan yang kini total menjadi ibu rumah tangga itu menggambarkan, akibat kerap dimanjakan dan dipuji sebagai anak cantik, anaknya itu tumbuh menjadi remaja yang senang mementingkan diri sendiri. Ia kerap menyuruh orang lain hanya memperhatikannya, tak peduli kendati Darla tengah sibuk mengurusi adik laki-lakinya yang berumur 2 tahun.

Perasaan egoistis yang amat ekstrem, terbiasa dengan pujian, selalu ingin menjadi pusat perhatian, dan tidak mempedulikan kebutuhan orang lain merupakan gejala gangguan kepribadian narsistik atau narcissistic personality disorder.

Menurut staf pengajar Fakultas Psikologi Universitas Atmajaya Jakarta, Dinastuti, setiap orang cenderung mengalami gangguan kepribadian yang ditandai dengan pola berelasi dan berinteraksi yang tidak fleksibel dan tidak sesuai dengan norma umum.

Dinastuti mencatat, pola yang tidak sehat ini bertahan sepanjang hidup dan terjadi di area sosial, pekerjaan, dan personal. Pola ini mulai terlihat jelas pada masa remaja, dan mempengaruhi kondisi pemikiran, emosi, fungsi interpersonal, dan pengendalian diri.

Gangguan kepribadian narsistik termasuk kluster B, yang ciri-cirinya tidak mempedulikan orang lain, hubungan yang tidak stabil dan intens dengan orang lain, mencari perhatian secara berlebihan, merasa dirinya berhak mendapat perlakuan istimewa, serta sulit berempati terhadap orang lain.

http://www.tempo.co/read/news/2012/12/19/174449208/Pujian-Bisa-Bikin-Anak-Narsis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...